OSN 2013, Kaltim Tuan Rumah Olimpiade

Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) akan menjadi tuan rumah Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-12 pada 2013. Perlombaan tersebut akan diikuti sekitar 450 siswa dan guru pada SMP Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) se-Indonesia.

“Dalam OSN khusus SMP RSBI ini akan dipertandingkan beberapa mata pelajaran yang berkaitan dengan sains, yakni Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam (IPA),” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Timur (Kaltim), H Musyahrim di Samarinda, Kamis (8/3).

Jumlah peserta OSN yang sekitar 450 orang itu terdiri dari, masing SMP RSBI yang menjadi peserta akan mengirimkan 7 orang perwakilan, yakni kepala sekolah, dua orang guru, dan 4 siswa.

Peserta OSN hanya dari kelompok siswa, sedangkan para kepala sekolah dan guru-gurunya akan mengikuti seminar tentang langkah dan upaya untuk meningkatkan kualitas SMP RSBI di daerahnya masing-masing.

Kegiatan ini juga akan menjadi ajang silaturahim sekaligus tukar informasi tentang kelebihan masing-masing RSBI yang ada, sehingga RSBI yang lebih maju dapat menularkan ilmunya, dan SMP yang masih perlu pembenahan dapat belajar pada RSBI yang lebih mapan.

Dia mengaku bersyukur atas keputusan secara nasional yang menetapkan Kaltim sebagai tuan rumah dalam kegiatan itu, pasalnya hal ini akan berdampak luas bagi daerah, di antaranya bisa memperkenalkan berbagai potensi yang ada di Kaltim, terutama terkait pendidikan yang dapat dikembangkan lebih lanjut.

Kepercayaan pusat terhadap Kaltim sebagai tuan rumah, lanjutnya, berarti banyak siswa di Kaltim yang telah memiliki prestasi nasional. Kepercayaan ini juga merupakan kehormatan yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

Terkait dengan prestasi yang telah diraih siswa Kaltim bidang sains antara lain, pada OSN ke-11 yang digelar baru-baru ini, Kaltim berhasil meraih juara I, II, dan III sehingga mampu mendulang satu emas, satu perak, dan satu perunggu.

Dia berharap pada OSN ke-12 mendatang, paling tidak mampu mempertahankan prestasi pada OSN ke-11, apalagi Kaltim menjadi tuan rumah, tentu peluang untuk mendapat medali lebih besar karena bertanding di daerah sendiri.

Untuk itu, dia berharap kepada semua kepala sekolah di SMP RSBI agar mulai saat ini mempersiapkan para siswanya untuk bertanding, sehingga saat pelaksanaannya nanti dapat benar-benar berlaga dengan tenang.

“Mulai sekarang saya minta kepada semua kepala sekolah di SMP RSBI agar melakukan pendataan dan penyaringan bagi siswa yang dinilai layak mengikuti olimpiade, setelah tersaring, hendaknya terus dilakukan pembinaan rutin agar semakin matang,” kata Musyahrim mengakhiri.(Ant/DNI)

sumber : www.metrotvnews.com

This entry was posted by azhareza on at and is filed under Info OSN. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Comment

Leave a comment Cancel